Apakah Kalkulator BMI Benar-benar Bekerja?

The Body Mass Index (BMI) adalah formula matematika yang diterima secara luas yang telah digunakan oleh para dokter dan ahli gizi selama bertahun-tahun untuk menentukan apakah seseorang sesuai dengan parameter tingkat lemak tubuh yang normal dan sehat. Karena kalkulator ini sekarang memiliki keberadaan di mana-mana secara online, jutaan orang mendiagnosis tingkat lemak mereka sendiri menggunakan alat sederhana ini. Bagaimana cara kerja kalkulator BMI? Apakah itu benar-benar berfungsi?

Menggunakan persamaan matematis untuk menghitung lemak tubuh bukanlah konsep baru. Kalkulator obesitas pertama, Indeks Obesitas Quetelet, berasal dari abad ke-19. Pada 1980-an, para dokter mulai menggunakan rumus itu sebagai alternatif untuk bagan-bagan yang kadang menyesatkan yang sedang digemari pada saat itu. Pemerintah AS membeli Indeks menjadi pusat perhatian di tahun 90-an sebagai bagian dari kampanye melawan obesitas.

Tidak sulit untuk menghitung tingkat lemak tubuh Anda menggunakan kalkulator umum. Rumusnya adalah sebagai berikut: [weight / (height x height)] x703. Jika Anda menimbang 183 pon dan tingginya 6 kaki (72 inci), BMI Anda adalah (183/5184) x703 atau 24,8. The "703" dalam rumus adalah faktor konversi pengukuran kekaisaran. Jika Anda melakukan perhitungan dalam satuan metrik, itu hanya berat dalam kilogram dibagi dengan tinggi dalam meter kuadrat.

Ini tentu saja tidak berarti apa-apa kecuali Anda juga tahu apa angka-angka yang ideal. Dalam contoh di atas, BMI 24,8 jatuh hanya di dalam kisaran yang sehat. Kisaran 25-30 dianggap kelebihan berat badan. Di atas 30 dianggap obesitas. Di ujung bawah skala, apa pun di bawah 18,5 dianggap kurang berat.

Jika Anda tidak ingin melakukan perhitungan sendiri, ada banyak kalkulator daring yang dapat Anda gunakan. Cukup masukkan berat badan Anda dalam satu kotak dan tinggi Anda di kotak yang lain dan klik tombol "Hitung". Ada laporan tentang bacaan yang salah. Ini jarang terjadi, tetapi jika pembacaan Anda terlihat salah, lakukan perhitungan secara manual untuk memeriksa ulang.

Ada beberapa kelemahan pada kalkulator BMI yang harus Anda ketahui. Orang yang lebih tua dan orang lain yang kehilangan massa otot bisa mendapatkan pembacaan yang salah, karena massa otot rata-rata diperhitungkan dalam persamaan. Atlet bisa mendapatkan gagasan keliru bahwa mereka kelebihan berat badan, padahal sebenarnya mereka memiliki jumlah jaringan ramping yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan lemak.

Kadang-kadang orang membuat asumsi yang salah bahwa mereka sehat hanya karena Indeks Massa Tubuh mereka berada dalam kisaran yang sehat. Ini belum tentu demikian. Jatuh dalam kisaran yang sehat tidak memberikan jaminan bahwa Anda menjalani gaya hidup sehat atau bebas dari risiko penyakit.

Selain pertimbangan ini, kalkulator BMI adalah alat yang berharga. Sangat mudah untuk menyangkal tentang berat badan kita. The Body Mass Index memberikan penilaian obyektif yang dapat berfungsi sebagai panggilan bangun untuk mulai makan lebih baik dan berolahraga lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *